Mengenal 9 Naga, Kekayaan dan Sepak Terjangnya di Indonesia (2024)

Jakarta: Masyarakat Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi dengan sebutan '9 Naga'. Istilah ini disematkan pada sembilan pengusaha besar keturunan Tionghoa yang ada di Indonesia.

Kelompok 9 Naga ini dinilai sangat berpengaruh terhadap perekonomian di Indonesia dengan berbagai gurita bisnisnya. Tak heran jika mereka adalah kelompok yang sangat disegani oleh seluruh kalangan.

Namun, siapa saja sosok anggota di balik 9 Naga? Berapa total kekayaan 9 Naga? Bagaimana awal mula istilah ini muncul? Untuk mengetahuinya, simak informasinya di bawah ini yuk!
Sejarah nama 9 Naga
Awal mula istilah '9 Naga' muncul pada era Orde Baru. Saat itu pengusaha dan pemerintah terlibat dalam hubungan yang saling menguntungkan.

9 Naga juga dikenal sebagai 'Gang of Nine'. Kelompok ini merujuk pada orang yang memiliki bisnis gelap seperti judi, obat bius, hingga penyelundupan. Selama menjalankan bisnisnya, mereka dikenal kebal terhadap pidana hukum.


Anggota 9 Naga beserta jumlah kekayaannya

Melansir laman Amartha, berikut adalah nama-nama pengusaha yang tergabung dalam 9 Naga. Antara lain:

1. Dato' Sri Tahir

Dato' Sri Tahir atau Ang Tjoen Ming (nama lain) adalah sosok pendiri Grup Mayapada. Ia lahir di Surabaya pada 26 Maret 1962. Dato’ Sri Tahir juga menantu dari Mochtar Riady, sang pemilik Lippo Group.

Dato' Sri Tahir tidak terlahir dari keluarga yang kaya raya. Sejak kecil, Ayahnya hanya merupakan juragan becak di wilayahnya.

Namun, setelah sempat mengelola perusahaan garmen milik sang mertua untuk melunasi hutangnya sebesar USD10 juta kala itu. Kini kekayaannya ditaksir mencapai USD2 miliar atau sekitar Rp31 triliun.

2. Anthony Salim

Anthony Salim merupakan anak dari Soedono Salim, pendiri dari Salim Group. Anthony Salim diwarisi Salim Group setelah dirinya menyelesaikan pendidikan di North East Surrey College of Technology, Inggris.

Perjalanan Anthony Salim tak berjalan mulus. Pada saat itu ia mengalami krisis moneter 1998 yang membuat Salim Group hampir gulung tikar.

Setelah melewati berbagai rintangan, dirinya sukses mempertahankan Salim Group hingga mencapai puncak keberhasilan. Bahkan, Anthony telah menguasai sebagian besar industri makanan di Indonesia. Bahkan, Kekayaannya diperkirakan mencapai USD5,6 miliar atau sekitar Rp87 triliun


3. Tommy Winata

Tommy Winata merupakan pendiri dari Artha Graha Group, sebuah perusahan besar yang memiliki ratusan anak perusahaan.

Memiliki latar belakang yang serupa dengan Dato' Sri Tahir, Tommy banyak menghabiskan masa kecilnya di sebuah Gang di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat. Namun saat ini, Tommy memiliki kekayaan sekitar USD2,4 miliar atau sekitar Rp37 triliun.


4. Rusdi Kirana

Rusdi Kirana merupakan pendiri sekaligus pemilik dari Lion Air Group. Siapa yang tak mengenal jasa transportasi udara satu ini?

Saat ini, Lion Air Group memiliki sejumlah maskapai dalam negeri yaitu Batik Air, Wings Air. sem*ntara Malinod Air yang beroperasi di Malaysia, serta Thai Lion Air yang beroperasi di Thailand. Rusdi ditaksir memiliki harta sebanyak USD1 miliar atau sekitar Rp15 triliun.


5. Sofjan Wanandi

Sofjan Wanandi adalah seorang pengusaha pemilik dari Gemala Group. Ia juga memimpin Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) hingga 2014.

Kala itu, ia merupakan mantan aktivis 1966 yang kemudian menjabat sebagai anggota DPR termuda. Tak diketahui pasti kekayaannya, namun diperkirakan mencapai ratusan juta dolar AS.


6. Jacob Soetoyo

Jacob Soetoyo mengawali kariernya sebagai komisaris di PT Alakasa Industrindo tbk. Ia juga merupakan presiden direktur PT Gesit Sarana Perkasa, salah satu perusahaan yang terlibat dalam pembangunan hotel elit JS.

Jacob adalah pengusaha lulusan Concordia University, Montreal Kanada tahun 1978 dengan jurusan perdagangan. Kemudian dirinya melanjutkan studi S2 di McGill University Kanada jurusan administrasi. Kekayaannya diperkirakan mencapai ratusan juta dolar AS


7. Edward Soeryadjaya

Edward Soeryadjaya merupakan putra dari William Soeryadjaya, sang pendiri dari PT Astra International Tbk.

Saat itu, ia sempat disebut sebagai salah satu langkah untuk melengserkan William Soeryadjaya, agar beberapa orang lainnya dapat membeli saham PT Astra International Tbk di masa itu. Kekayaannya diperkirakan mencapai USD1 miliar atau sekitar Rp15 triliun.

8. Robert Budi Hartono

Robert Budi Hartono menempati urutan pertama sebagai orang terkaya di Indonesia selama kurun waktu 10 tahun terakhir ini. sem*ntara sang kakak, Michael Bambang Hartono menempati urutan kedua sebagai orang terkaya di Indonesia.

Ia menerima warisan Djarum Group dari sang ayah. Hingga saat ini, Djarum Group sudah menjadi perusahan terbesar dengan berbagai anak perusahaan yang beroperasi di Tanah Air. Kekayaan Robert Budi Hartono ditaksir hingga USD22,1 miliar atau sekitar Rp345 triliun.


9. James Riady

James Riady merupakan anak sulung dari Mochtar Riady. Ia dijadikan harapan besar oleh sang ayah untuk meneruskan Lippo Group hingga saat ini. Kekayaannya diperkirakan mencapai USD1,5 miliar atau sekitar Rp23 triliun


Pengaruh 9 Naga terhadap perekonomian di Indonesia

Dugaan mereka telah menguasai ekonomi Indonesia kerap kali terdengar dari beberapa pihak penting. Hal ini semakin menjadi jika melihat peran pentingnya gurita bisnis para pengusaha yang kerap disebut 9 Naga tersebut.

Bisnis-bisnis mereka tentu menguasai pasar Indonesia yang membuat masyarakat bergantung secara ekonomi. Pasalnya, terdapat berapa produk dari bisnis mereka yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat. Seperti Robert Budi Hartono dengan Sampoerna-nya, ataupun Rusdi Kirana bersama Lion Air Group. Dok. Medcom.id

(WWD)

Mengenal 9 Naga, Kekayaan dan Sepak Terjangnya di Indonesia (2024)

References

Top Articles
Crockpot Thai Short Ribs with Coconut Rice.
Pepper Jack Potato Casserole - Plain Chicken
Hotels Near 6491 Peachtree Industrial Blvd
Cappacuolo Pronunciation
Mcfarland Usa 123Movies
PontiacMadeDDG family: mother, father and siblings
Valentina Gonzalez Leaked Videos And Images - EroThots
Robot or human?
Hallelu-JaH - Psalm 119 - inleiding
Items/Tm/Hm cheats for Pokemon FireRed on GBA
Best Food Near Detroit Airport
10 Free Employee Handbook Templates in Word & ClickUp
Lake Nockamixon Fishing Report
Classic | Cyclone RakeAmerica's #1 Lawn and Leaf Vacuum
Dallas Craigslist Org Dallas
Isaidup
Soulstone Survivors Igg
Menus - Sea Level Oyster Bar - NBPT
Watch Your Lie in April English Sub/Dub online Free on HiAnime.to
Reser Funeral Home Obituaries
Fleet Farm Brainerd Mn Hours
Urban Dictionary Fov
Impact-Messung für bessere Ergebnisse « impact investing magazin
Darrell Waltrip Off Road Center
Culver's.comsummerofsmiles
What Sells at Flea Markets: 20 Profitable Items
Experity Installer
Robert A McDougal: XPP Tutorial
Abga Gestation Calculator
Was heißt AMK? » Bedeutung und Herkunft des Ausdrucks
Clearvue Eye Care Nyc
The Menu Showtimes Near Amc Classic Pekin 14
Shiftwizard Login Johnston
Whas Golf Card
Reli Stocktwits
19 Best Seafood Restaurants in San Antonio - The Texas Tasty
Nsav Investorshub
Rhode Island High School Sports News & Headlines| Providence Journal
Updates on removal of DePaul encampment | Press Releases | News | Newsroom
FREE - Divitarot.com - Tarot Denis Lapierre - Free divinatory tarot - Your divinatory tarot - Your future according to the cards! - Official website of Denis Lapierre - LIVE TAROT - Online Free Tarot cards reading - TAROT - Your free online latin tarot re
Top 1,000 Girl Names for Your Baby Girl in 2024 | Pampers
Europa Universalis 4: Army Composition Guide
Kjccc Sports
La Qua Brothers Funeral Home
Noga Funeral Home Obituaries
Mcoc Black Panther
Jackerman Mothers Warmth Part 3
Theatervoorstellingen in Nieuwegein, het complete aanbod.
Suppress Spell Damage Poe
Model Center Jasmin
Suzanne Olsen Swift River
Latest Posts
Article information

Author: Fr. Dewey Fisher

Last Updated:

Views: 6254

Rating: 4.1 / 5 (42 voted)

Reviews: 89% of readers found this page helpful

Author information

Name: Fr. Dewey Fisher

Birthday: 1993-03-26

Address: 917 Hyun Views, Rogahnmouth, KY 91013-8827

Phone: +5938540192553

Job: Administration Developer

Hobby: Embroidery, Horseback riding, Juggling, Urban exploration, Skiing, Cycling, Handball

Introduction: My name is Fr. Dewey Fisher, I am a powerful, open, faithful, combative, spotless, faithful, fair person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.